Alasan Sebenarnya CEO Apple Minta Potong Gaji Gila-gilaan

CEO Apple Tim Cook di China Development Forum 2023, Beijing, China 25 Maret 2023cnsphoto via REUTERS

Pada Januari lalu, Apple mengumumkan bahwa sang CEO, Tim Cook, meminta gajinya dipotong lebih dari 40% menjadi US$ 49 juta atau setara Rp 730 miliar.

Keputusan itu mendulang banyak pujian dari warganet. Pasalnya, di tengah kondisi ekonomi yang tak menentu, banyak raksasa teknologi memilih mengorbankan karyawan dengan melakukan PHK, demi menjaga stabilitas bisnis.

Cook beberapa kali mengatakan bahwa Apple enggan melakukan PHK. Langkah awalnya adalah menawarkan pemotongan gaji bagi dirinya sendiri.

Meskipun, pekan ini Apple dilaporkan terpaksa melakukan PHK untuk segelintir karyawan di bagian ritel. Namun, agaknya strategi itu dilakukan belakangan ketika sudah tak ada opsi lain.

Dalam wawancara bersama GQ, Cook mengumbar alasan sebenarnya ia meminta pemotongan gaji. Bukan cuma untuk efisiensi, tetapi ada tujuan lain yang lebih besar.

“Ada beberapa hal yang menjadi alasan saya. Salah satunya adalah saya ingin menjadi pemimpin yang bisa memberikan contoh bagi lingkungan sekitar,” ia menuturkan.

“Selain itu, menurut saya keputusan itu adalah langkah terbaik untuk situasi saat ini,” ia menambahkan.

Lebih lanjut, ia mengatakan hingga kini Apple masih membuka rekrutmen, hanya saja prosesnya lebih ketat dan cuma untuk beberapa divisi krusial saja.

Selain itu, Apple juga katanya masih berinvestasi pada teknologi baru. Namun, lagi-lagi perusahaan sangat cermat dalam mengambil keputusan untuk mengeluarkan duit.

“Saat ini fokus kami adalah jangka panjang,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*