AS Bobol, Balon Mata-mata China Kirim Data Ini ke Beijing

Balon besar melayang di atas Samudra Atlantik, tepat di lepas pantai Carolina Selatan, Sabtu, 4 Februari 2023. (AP/Chad Fish)

Laporan terbaru mengungkap misteri balon mata-mata China yang terbang melintas langit Amerika Serikat (AS) awal tahun ini. Disebutkan jika balon itu mengirim informasi data intelijen ke Beijing.

NBC News, mengutip dua pejabat senior dan satu mantan pejabat senior Presiden Joe Biden, melaporkan balon tak mengumpulkan foto. Namun mengumpulkan sinyal elektronik saat melewati instalasi penting dan sensitif.

Menurut para pejabat, sinyal elektronik termasuk komunikasi antarpersonel di markas atau sinyal dari sistem senjata. Mereka menambahkan, saat bergerak di dekat tempat militer, balon akan terbang dalam formasi angka delapan, dikutip dari Insider, Selasa (4/4/2023).

Ditanya soal laporan NBC News, Pentagon tidak bisa mengonfirmasinya. “Saya tidak bisa memastikan adanya transmisi waktu nyata dari balon kembali ke RRC saat ini,” kata wakil sekretaris pers Pentagon, Sabrina Singh.

Dia menambahkan Pentagon tengah menilai informasi apa saja yang bisa dikumpulkan China. “Namun kami tahu langkah yang kami ambil memberikan sedikit nilai tambah untuk apa yang bisa dikumpulkan dari satelit sebelumnya,” jelasnya.

Singh menolak memberikan informasi lokasi pangkalan militer, sambil menegaskan balon bisa digerakkan dan sengaja digerakkan di sepanjang jalur.

Sementara itu, Insider menjelaskan Pentagon dan Kedutaan Besar China di Washington tidak segera menanggapi permintaan berkomentar yang dikirim di luar jam kerja reguler. Sedangkan Kementerian Luar Negeri China melakukan hal yang sama.

Sebelumnya balon tersebut telah terlihat di sejumlah wilayah. Balon berjalan dari Alaska dan Kanada ke pantai Carolina Selatan selama seminggu.

AS akhirnya menembak jatuh balon tersebut. Sementara itu China membantah tudingan dan mengatakan balon adalah wahana sipil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*