Bos Pertamina Ungkap Kebakaran Depo Plumpang, Bukan Tangki!

PT Pertamina (Persero) mengunjungi Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) untuk melihat korban insiden TBBM Pertamina Plumpang di RSPP, Jakarta, Sabtu, (4/3/23). (Dok: Pertamina)

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan Komisi VI DPR RI, membeberkan kronologi kejadian kebakaran di Depo atau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Jakarta Utara.

Dirut Nicke menyebutkan bahwa insiden kebakaran di Depo BBM Plumpang beberapa waktu yang lalu bukanlah di tangki penyimpanan BBM yang terbakar melainkan pipa penyalur BBM menuju tangki tersebut.

“Kalau kita lihat kemarin insiden itu dipojok atas kanan bukan di tangkinya tapi di pipa yang masuk ke tangki tersebut. Di pipa itulah terjadi kebakaran,” terang Nicke dalam RDP bersama Komisi VI DPR, Selasa (14/3/2023).

Namun sayangnya Nicke belum bisa membeberkan penyebab terjadinya kebakaran di Depo BBM Plumpang tersebut, ia hanya bilang saat ini pihaknya masih melakukan proses investigasi.

Yang terang, tangki-tangki dan seluruh fasilitas yang berada di Depo BBM Plumpang masih dalam kondisi aman. “Karena yang terbakar adalah pipa dan itu sudah dipadamkan,” tandas Nicke.

Sebagaimana diketahui, Depo BBM Plumpang milik Pertamina mengalami kebakaran hebat pada Jumat (3/3/2023). Atas insiden itu terdapat belasan korban jiwa meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka dan dibawa ke rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*