China Banjir Mobil Listrik, Ternyata Ini Kunci Suksesnya

Faizal Basri: Ekonomi Jokowi Tumbuh Tapi

Pemerintah Indonesia gencar dalam mempercepat penggunaan kendaraan listrik khususnya mobil listrik dalam negeri. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah memberikan subsidi kepada pengguna mobil listrik.

Ekonom Senior Faisal Basri mengungkapkan bahwa digencarkannya mobil listrik di Indonesia harus berkaca dari negara lain seperti China, Amerika Serikat, dan Jerman yang sudah sukses dalam penggunaan mobil listrik di negaranya menggantikan mobil konvensional berbahan bakar minyak.

Faisal membeberkan bahwa Indonesia tertinggal jauh dalam penggunaan mobil listrik dalam negeri. Dia menjelaskan bahwa salah satu yang menjadi kunci utama dalam percepatan kendaraan https://rtpnada4d.com/ listrik juga harus diimbangi oleh pengembangan penggunaan listrik dari energi surya.

“Kuncinya adalah proporsional. Oke, kalo kita kembangkan mobil listrik kita harus kembangkan dengan kecepatan lebih tinggi adalah energi terbarukan. Namanya energi surya salah satunya,” papar Faisal dalam Diskusi Publik Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), dikutip Selasa (23/5/2023).

Faisal memaparkan bahwa Indonesia kalah dengan negara lainnya dalam pengembangan energi surya dalam negeri. Dia mengungkapkan bahwa Indonesia tertinggal jauh dalam pengembangan energi surya bahkan bila dibandingkan dengan negara tetangga seperti Kamboja, Malaysia, dan Singapura.

“Kita lihat energi surya di China, oh China getol mengembangkan mobil listrik, energi suryanya juga berkembang pesat, paling pesat di dunia. Kedua Amerika Serikat, kemudian Jerman. Tapi tengok Indonesia, mana Indonesia? Ini sampai saya beri panah, Indonesia seumprit gini kalah dengan Kamboja, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam,” beber Faisal.

Untuk diketahui, pemerintah mengungkapkan bahwa dalam menggenjot pengembangan energi baru terbarukan itu tidak murah. Indonesia sendiri setidaknya butuh dana hingga Rp 4 triliun untuk membangun produksi panel surya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*