Ekonomi RI Meroket 5,72%, Juara 2 di Level Negara Elit!

Ekonomi RI Meroket 5,72%, Juara 2 di Level Negara Elit!

 Kemacetan panjang terjadi di Pondok Indah arah Fatmawati, Jakarta Selatan. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)Pertumbuhan ekonomi Indonesia menembus 5,72% (year on year/yoy) pada kuartal III-2022. Meskipun melonjak, pertumbuhan ekonomi Indonesia bukanlah yang terbaik di antara anggota -20 ataupun di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih https://panenkas138.store/ kalah jauh dibandingkan dengan Arab Saudi. Negara Padang Pasir tersebut mampu membukukan pertumbuhan sebesar 8,6% (yoy) pada kuartal III-2022.

Hingga hari ini, sudah ada 11 negara anggota G-20 yang sudah mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal III-2022, termasuk Indonesia.

Arab Saudi sementara ini memimpin di peringkat pertama disusul Indonesia. Meksiko ada di peringkat ketiga dengan torehan 4,2% (yoy) disusul dengan China sebesar 3,9% (yoy) dan Spanyol sebesar 3,8% (yoy).

Rusia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi terendah di antara G-20. Negara pimpinan Presiden Vladimir Putin tersebut belum mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal III-2022. Namun, pada kuartal II-2022, ekonomi Rusia terkontraksi sebesar 4,1% (yoy) sebagai dampak perang.

Di kawasan Asia dan ASEAN, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga masih kalah jauh dibandingkan negara lain. Azerbaijan menjadi juara Asia dalam hal pertumbuhan ekonomi kuartal III-2022 dengan torehan 51,19% (yoy).

Dari 10 negara ASEAN, baru tiga negara yang mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal II-2022 yakni Vietnam, Singapura, dan Indonesia.

Vietnam menjadi juara ASEAN pada kuartal III-2022 dengan membukukan pertumbuhan sebesar 13,67% (yoy). Vietnam menjadi satu-satunya negara ASEAN yang mampu mencatatkan pertumbuhan double digit di Asia Tenggara pada periode Juli-September.

Indonesia ada di peringkat dua dengan torehan 5,72% (yoy) sementara Singapura membukukan pertumbuhan sebesar 4,4%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*