iPhone 15 Borong Chip, Nasib HP Android Gimana?

Seorang pengunjung memegang iPhone 14 baru di acara Apple di kantor pusat mereka di Cupertino, California, Amerika Serikat, Rabu (7/9/2022). (REUTERS/Carlos Barria)

Seri iPhone 15 dilaporkan bakal menggunakan chipset A16 Bionic teranyar dengan proses fabrikasi 3nm. Sebagai informasi, chip dengan arsitektur 3nm memungkinkan peningkatan performa hingga 15%.

Selain itu, konsumsi daya bisa lebih efisien sampai 35%. Tak heran jika teknologi ini menjadi incaran para vendor HP untuk memperkenalkan produk dengan performa gahar.

TSMC merupakan produsen chip https://188.116.26.232/ terbesar yang dipercaya untuk memproduksi chip 3nm. Vendor asal Taiwan itu mengatakan akan menelurkan 3 jenis chip dengan arsitektur 3nm.

Namun, desas-desus menyebut Apple telah memborong 90% chip 3nm untuk iPhone 15 dan seri Mac di masa depan. Jika benar, hal ini akan membuat pabrikan HP Android bersaing ketat mengantongi 10% chip 3nm untuk ponsel mereka.

Kabar ini diperkuat Qualcomm dan MediaTek yang dikatakan telah mengamankan chip dengan fabrikasi 4nm dari TSMC, dikutip dariĀ Gizchina, Selasa (16/5/2023).

Chip 4nm sendiri memiliki performa di bawah 3nm, dengan harga yang ditaksir lebih murah. Artinya, performa HP Android nantinya bisa jadi tak bisa mengalahkan iPhone 15. Pasalnya, chip HP Android selama ini disokong oleh Qualcomm dan MediaTek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*