Mau Beli Beras Murah? Mendag Zulhas Sarankan Ini

Polda Banten mengamankan barang bukti dugaan penyimpangan distribusi beras impor premium milik Bulog di Polda Banten, Kota Serang, Banten, Jumat (10/2/2023). (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)

Polemik harga beras yang melambung tinggi seakan tidak ada ujungnya. Harga beras di pasaran terpantau masih tinggi, baru mulai mengalami penurunan sedikit, namun harganya tetap masih terbilang stabil tinggi.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, jika masyarakat ingin membeli beras dengan harga murah, masyarakat diminta untuk membeli beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Bulog.

“Harga beras sudah mulai agak turun sedikit walaupun masih agak tinggi, tetapi sudah stabil. Makanya masyarakat yang mau beli beras harga murah belilah beras Bulog Rp 9.450/Kg. Satu karung 5 kg Rp 47.000,” ujar Zulhas saat ditemui di Kantor Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023).

Lebih lanjut, Zulhas menyebut bahwa Menteri dalam Negeri bersama Walikota, Bupati, dan Gubernur telah melakukan rapat pagi, untuk membahas perihal kenaikan harga bahan kebutuhan pokok (Bapok) sekaligus upaya untuk mengantisipasinya.

“Terus tadi pagi Mendagri rapat dengan Walikota, Bupati, dan Gubernur,” ujarnya.

Apabila terjadi lonjakan harga, katanya, dan tidak lebih dari 5% maka biasanya akan ditanggung ongkosnya oleh Pemerintah Daerah. Namun, jika lebih dari itu, pemerintah akan menggelar bazar atau pasar murah seperti yang dilakukan hari ini, dan tentunya selisih harga akibat dari lonjakan tersebut akan ditanggung oleh pemerintah.

“Kalau harga naiknya enggak lebih dari 5% itu biasanya ditanggung ongkosnya, kalau lebih dari itu kita bazar kaya gini atau ditanggung selisih harganya,” jelas Zulhas.

Untuk diketahui, dalam rangka mengantisipasi lonjakan harga Bapok di pasaran, Zulhas bersama Pemerintah Daerah DKI Jakarta tengah mengadakan bazar selama 2 hari di 2 lokasi berbeda, di Kantor Kecamatan Kebayoran Baru dan Kompleks Apartemen Kalibata City. Bazar mulai diselenggarakan sejak hari ini, Selasa (4/4/2023) hingga Rabu (5/4/2023).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*