Ramai-ramai DPR Minta ke Jokowi: Naikkan Gaji PNS di 2024!

INFOGRAFIS, Gokil PNS ini Gajinya Lebih dari Rp 100 Juta

Sejumlah fraksi di DPR RI mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati soal kenaikan gaji para pegawai negeri sipil (PNS) pada 2024. Ini mereka sampaikan saat memberikan pandangan untuk Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2024.

Fraksi pertama yang mengingatkan Sri Mulyani terkait itu adalah Fraksi Partai Golkar, sebagaimana disampaikan oleh Anggota DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono. Kata Dave, kenaikan gaji PNS yang akan dilakukan pemerintah itu harus diiringi dengan persiapan naiknya angka inflasi.

Oleh sebab itu, ia mengingatkan supaya target inflasi yang telah ditetapkan dalam KEM PPKF sebesar 1,5%-3,5% harus dicermati ulang. Selain karena potensi kenaikan inflasi akibat kenaikan https://rtpdwslot88.org/ gaji PNS, juga ada masa Pemilu yang mendorong permintaan terhadap berbagai barang serta tingginya tren inflasi global.

“Terlebih pada 2024 nanti akan berlangsung pesta demokrasi Pemilu serta wacana kenaikan gaji ASN yang berpotensi menaikkan laju inflasi nasional,” kata Dave dalam rapat paripurna di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Adapun untuk fraksi selanjutnya yang menyampaikan persoalan gaji ini adalah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sebagaimana dibacakan Anggota DPR Abdul Wahid. PKB lebih menyoroti soal remunerasi yang termasuk di dalamnya tunjangan kinerja para PNS yang harus dirombak ulang oleh pemerintah.

“Maka untuk belanja pegawai Fraksi PKB meminta pemerintah agar mengevaluasi sistem remunerasi pada kementerian atau lembaga karena masih belum efektif meminimalisir aksi korupsi dan sejenisnya,” ucap Wahid.

Sementara itu, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyampaikan kepada Sri Mulyani mengenai pentingnya pemerintah untuk secara rutin menaikkan gaji pokok PNS 6-7% tiap tahunnya. Ini supaya pendapatan mereka tidak terus menerus tergerus inflasi.

“Pemerintah agar terus memperhatikan kesejahteraan ASN dan pensiunan ASN dengan konsisten menaikkan gaji pokok sebesar 6-7% setiap tahun. Ini penting agar gaji pokok dan pensiunan tidak tergerus inflasi,” tutur Anggota DPR Muhammad Aras.

Sebagai informasi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengusulkan ke Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menaikkan gaji para pegawai negeri sipil (PNS).

Ia menyinggung soal ini saat membicarakan rencana kebijakan pemerintah mengubah rumusan pemberian tunjangan kinerja (tukin) bagi para PNS. Melalui kebijakan baru ini maka nantinya tukin tidak akan setara di antara para PNS dalam satu institusi.

“Karena sekarang dipukul rata, tunjangan kinerja menjadi hak, ya kinerjanya begitu-begitu saja. Oleh karena itu, kita usulkan ada gaji yang agak dinaikkan, ini sedang dibahas bersama menteri keuangan,” kata Anas dalam acara Rakornas Pelaksanaan Anggaran 2023 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (17/5/2023)

Anas bercerita, pembahasan perubahan skema pemberian tukin dan kenaikan gaji PNS bersama menteri keuangan bukan hal yang ringan dilakukan. Ia mengaku sampai malam membahas rencana kebijakan itu dengan Sri Mulyani.

“Ini rumusannya kita rumuskan terus, begitu soal ini kita agak sulit dengan Kemenkeu. Kita duduk siang malam soal ini, tentang tunjangan dan kenaikan ini kan selama ini kenaikannya tidak disentuh tapi tunjangannya berlipat,” tuturnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*