Redmi Note 12 Pro dan Galaxy A54 Buat Foto Malam, Bagus Mana?

Redmi Note 12 Pro dan Galaxy A54 5G

Duo HP kelas menengah yang paling ditunggu-tunggu akhirnya hadir di pasar Tanah Air. Tak lain adalah Samsung Galaxy A54 5G dan Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G.

Untuk aspek fotografi, kedua HP ini kompak memakai kamera utama 50MP dengan sensor dari Sony IMX766 berukuran besar, yakni 1/1.56-inci.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, jumlah piksel yang disematkan memang sama-sama menurun. Namun, sensor yang lebih besar akan membuat ukuran per piksel kamera juga lebih lega.

Dengan begitu, cahaya yang masuk ketika menjepret foto akan lebih banyak. Keunggulannya terletak pada penjepretan di malam hari dalam kondisi cahaya minim (low-light).

Sebelumnya, CNBC Indonesia sudah membahas soal hasil foto bokeh Redmi Note 12 Pro dan Galaxy A54. Kali ini, CNBC Indonesia akan menguji kemampuan Night Mode di kedua HP mid-range ini.

Dari kedua perbandingan di atas, tampak kamera Galaxy A54 5G menangkap cahaya lebih banyak ketimbang Redmi Note 12 Pro 5G. Hal ini pun terlihat saat mengambil foto bokeh di situasi Day Light, di mana Galaxy A54 5G menjadi sedikit overbright, sementara Redmi Note 12 Pro tampil lebih natural.

Selain itu, Galaxy A54 5G juga tampil lebih akurat dalam menampilkan warna lampu, efek flare-nya sangat minim. Tekstur objek yang ditampak pun lebih tajam. Di sisi lain, Redmi Note 12 Pro 5G masih menampilkan efek flare yang cukup signifikan.

Kendati begitu, noise pada kedua foto sudah sangat tereduksi untuk ukuran HP level menengah. Ketika diuji untuk Wide Mode (tangkapan lebar), keduanya sama-sama mengalami penurunan kualitas gambar.

Begitu pula saat pengambilan Night Mode dengan melakukan pembesaran (zoom-in) 2x. Tampak penurunan kualitas dan ketajaman di kedua HP.

Perlu dicatat, fitur zoom-in pada Redmi Note 12 Pro mentok sampai 2x saja. Sementara pada Galaxy A54 bisa dilakukan digital zoom sampai 10x.

Untuk kecepatan penjepretan gambar saat disetel Night Mode, Galaxy A54 menunjukkan respons yang relatif lebih cepat. Redmi Note 12 Pro memakan waktu sedikit lebih lama.

Meski sama-sama mengandalkan kamera 50MP dengan sensor Sony IMX766, hasil Night Mode kedua HP ini tampil berbeda. Hal ini disebabkan faktor lain seperti software pemrosesan gambar dan teknologi lain yang disematkan masing-masing pabrikan.

Pada Galaxy A54 5G, kamera utama 50MP (OIS, All-pixel AF, f/1.8) ditemani kamera sekunder. Masing-masing beresolusi 12MP (f/2.2) untuk tangkapan lebar (ultrawide) dan 5MP (f/2.4) untuk kemampuan makro.

Di lain sisi, kamera utama Redmi Note 12 Pro 50MP (OIS, f/1.88) ditemani kamera ultrawide 8MP (f/2.2) dan kamera makro 2MP (f/2.4).

Selain kemampuan Night Mode, kamera Galaxy A54 dan Redmi Note 12 Pro juga memiliki kemampuan Wide Mode untuk menangkap gambar dengan jangkauan lebih luas.

Biasanya, setelan ini digunakan untuk menangkap lanskap pemandangan, atau sekadar foto beramai-ramai dengan teman.

Mengingatkan kembali, resolusi kamera Galaxy A54 lebih besar, yakni 12MP. Sementara Redmi Note 12 Pro mentok di 8MP saja.

Pada setelan kamera, kemampuan Wide Mode di Galaxy A54 juga bisa di-zoom out 0,6x, sedangkan di Redmi Note 12 Pro hanya 0,5x. Dengan begitu, kelebaran pada lini Samsung tentung lebih luas dibandingkan Redmi Note 12 Pro.

Berikut perbandingan keduanya, di mana sisi kiri adalah Normal Mode, sementara sisi kanan adalah Wide.

Selain tangkapan yang lebih luas, tampak ketajaman tekstur pada Galaxy A54 lebih tajam ketimbang di Redmi Note 12 Pro. Tekstur awan lebih terlihat efek ‘dalam’-nya pada HP besutan Samsung.

Sebagai informasi, harga yang dipatok untuk Galaxy A54 memang lebih mahal ketimbang Redmi Note 12 Pro. Selisihnya Rp 1,8 juta.

Galaxy A54 5G tersedia dalam 2 varian RAM/ROM. Masing-masing dibanderol Rp 6 juta (8GB/128GB) dan Rp 6,4 juta (8GB/256GB).

Sementara itu, Redmi Note 12 Pro hadir dalam 1 varian RAM/ROM saja (8GB/256GB). Harganya dipatok lebih murah, yakni Rp 4,6 juta.

Jadi, Anda pilih yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*