Sri Mulyani: Ekonomi Indonesia 2023 Bisa Tumbuh 5-5,3%

Menteri Keuangan Sri Mulyani APBN KiTa Maret 2023 membahas Kinerja dan FakTa. (Tangkapan Layar Youtube Ministry of Finance Republic of Indonesia)

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 diperkirakan masih tumbuh kuat di tengah tingginya ketidakpastian global. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan proyeksi terbaru yaitu 5,0-5,3%.

“Kami optimis pertumbuhan ekonomi dapat terjaga dengan baik, kisaran 5,0-5,3%,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita, Selasa (14/3/2023)

Optimisme ini dilandasi oleh perkembangan yang baik dari sisi dalam negeri, antara lain PMI manufaktur yang masih di atas 50 hingga penyaluran kredit konsumsi yang tumbuh 9,3% dan indeks keyakinan konsumen pada level 122,4.

“Ini cukup bagus menjelang Lebaran,” jelasnya.

Data lainnya adalah terkait dengan penjualan kendaraan bermotor yang masih tumbuh tinggi dan masifnya kedatangan wisatawan mancanegara dalam beberapa waktu terakhir.

Inflasi masih cukup terkendali dengan 5,43% secara year on year (yoy) pada Februari 2023. Pemerintah berkomitmen untuk menjaga inflasi, terutama terhadap harga bahan pokok yang berpotensi melonjak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*