Tingkatkan Literasi, OJK Gelar Edukasi Keuangan

Ilustrasi Foto OJK

Otoritas Jasa Keuangan(OJK ) terus berupaya meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat luas. Salah satu upaya yang dilakukan melalui edukasi keuangan di Aula Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Kemang, Jakarta Selatan.

Edukasi keuangan yang disampaikan meliputi tata cara mengelola dan melakukan perencanaan keuangan, tips menggunakan produk keuangan seperti Kredit Usaha Rakyat. Kemudian Tabungan Emas, Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan materi waspada investasi serta pinjol ilegal.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi mengatakan bahwa literasi atau pemahaman masyarakat atas suatu produk dan layanan keuangan sangat diperlukan agar masyarakat terlindung dari jeratan pinjaman online ilegal maupun investasi ilegal.

“Saya berharap ketika menggunakan produk jasa keuangan, masyarakat harus paham hak dan kewajibannya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (6/3/2023).

Dalam acara yang dihadiri ratusan warga dan pelaku usaha kecil itu, Frederica juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan investasi karena masih marak investasi ilegal yang menyasar kalangan awam.

Ciri investasi ilegal, lanjutnya, antara lain menjanjikan keuntungan yang besar, tidak diawasi oleh lembaga berwenang dan penawarannya kadang agresif atau sering ada pemaksaan.

Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR-RI, Eriko Sotarduga menyambut baik pelaksanaan kegiatan edukasi ini. Menurutnya, edukasi ini merupakan kesempatan yang langka karena berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK 2022, terjadi peningkatan indeks literasi keuangan masyarakat namun belum semua memahami produk jasa keuangan.

“Terbukti dari masih banyaknya masyarakat yang terjebak pinjaman online ataupun investasi ilegal,” jelas Eriko.

Ke depannya, Eriko berharap kegiatan edukasi keuangan ini dapat dilakukan di setiap kecamatan agar semakin banyak juga yang mensosialisasikan terkait penggunaan produk jasa keuangan yang aman dan benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*